Tuesday, October 27


 Kumpulan Betawi Bekasi (KUMBESI) adalah kelompok orang yang tiggal di Bekasi, (Kabupaten dan Kota) yang menggunakan bahasa Betawi sebagai bahasa sehari-hari, sebagai alat komunikasi. Menurut para Ahli sejarawan dan budayawan dan masyarakat pada umumnya saat ini banyak yang menyebut atau mengenal Betawi Bekasi dengan sebutan Betawi Pinggiran ( Betawi Ora ), sedangkan yang tinggal di Ibu Kota Jakarta menyebutnya dengan Betawi Pusat. Intinya adalah dari para Ahli mengatakan Aslinya tidak ada perbedaan antara Betawi Bekasi dengan Betawi (Jakarta) karena mereka satu Nenek moyang. Untuk Bekasi sendiri daerah yang masih menggunakan bahasa Betawi Ora adalah Tarumajaya, Cikarang, Babelan, Tambun, Cibitung, Muara Gembong, Cabang Bungin, bahkan sebagian daerah Karawang yang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi, menggunkan bahasa Betawi Bekasi, seperti Batujaya, Pakis Jaya. masih menggunakan Logat Betawi Ora, sedangkan yang dikota Bekasinya sudah terjadi percampuran Bahasa.
VISI dan MISI
Visi : Meningkatkan nilai-nilai Persaudaraan, Kekeluargaan, dan Silaturahim antar warga Betawi Bekasi yang tergabung dalam Komunitas Betawi Bekasi serta melestarikan Budaya dan Bahasa Betawi Bekasi.
Misi: 1. Memupuk tali silaturahim antar warga/anggota KUMBESI melalui Kegiatan kesenian, petas budaya lokal, kegiatan sosial baik internal maupun eksternal 2. Mengembangkan/melestarikan Budaya dan Basaha Betawi Bekasi.

  Kumpulan Betawi Bekasi (KUMBESI) adalah kelompok orang yang tiggal di Bekasi, (Kabupaten dan Kota) yang menggunakan bahasa Betawi se...